Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP ANTI MISKIN ALA JACK MA

“Kalau miskin sampai umur 35 tahun, itu salahmu sendiri” Karena itu ia mengingatkan kepada semua orang bahwa Seseorang bisa tetap miskin kalau tidak bisa mengalahkan rasa takut , Kamu akan tetap miskin kalau kamu tidak punya semangat juang. Jack Ma pun memberikan “resep anti miskin” agar orang-orang tidak goyah tatkala tengah mengalami keadaan demikian. Tidak pula jatuh miskin lagi setelah hidup kaya, jadi inilah resepnya : 

1. Saat miskin, kurangi waktumu dirumah

Perbanyaklah kegiatan di luar. Saat kaya, perbanyaklah waktu dirumah, kurangi kegiatanmu diluar. Ini adalah seni kehidupan.

2. Saat miskin, gunakanlah uangmu untuk orang lain

Saat kaya gunakanlah uangmu untuk keluarga dan orang-orang yang kamu cintai. Banyak sekali orang yang terbalik melakukan kedua hal ini.

Baca juga : gaya orang sukses no 1 di china

3. Saat miskin jangan perhitungan

Bersikap baiklah terhadap orang lain, ini baru namanya orang miskin tapi banyak akal. Saat kaya, harus belajar membuat orang lain baik terhadapmu, dan kamu harus lebih baik lagi terhadap orang lain. Ini adalah cara yang sangat indah, tapi hanya sedikit orang yang mengerti.

4. Saat miskin harus royal,

Tapi saat kaya jangan pamer lagi. Hidup ini akan kembali dalam kesederhanaan, kembali dalam ketenagan. 

Resep paling akhir itu menunjukan kedewasaan sekaligus kebijakasanaan seorang Jack Ma. Bahwa kalau seseorang telah keluar dari kehidupanya yang miskin, lalu berada di level kehidupan yang lebih baik lagi atau kaya raya,  hendaklah hidup yang sewajarnya saja. Sebab, menurut Jack Ma, Orang Kaya baru cenderung mabuk dengan kekayaannya sehingga bisa kembali jatuh miskin lagi.

Itulah sebabnya, Jack Ma selalu mengingatkan kepada karyawanya di Alibaba Group agar hidup yang wajar dan harmoni. Sebab, Tak da yang abadi di dunia ini, termasuk harta dan kekayaan pribadi .

“Saya benar – benar berharap tak melihat para pegawai saya bertingkah seperti orang kaya baru. 

dengan metalitas seperti itu, kekayaan mereka tidak akan awet”. Ucap Jack Ma dalam wawancara dengan media.